Search This Blog

Loading...

Tuesday, February 15, 2011

Pengkaderan?

pengkaderann
apa yg kamu kita ketahui tentang pengkaderan?
jika dari bahasa, pengkaderan merupakan kata dengan imbuhan peng-kader-an
Pengkaderan sendiri sering diartikan pada mahasiswa. mengapa? dahulu seingat saya, alasan itu karena adanya perbedaan antara sistem pemikiran dari anak sma menjadi anak mahasiswa. sehingga dengan adanya pengkaderan, terbentuk pola pikir yang lebih dewasa dan memandang permasalahan dari berbagai sudut pandang yang berbeda. karena mahasiswa lah yang akan meneruskan kepemimpinan negara (ingat perkataan presiden soekarno tentang pemuda kan?)
hmm, jika demikian lalu mengapa terkadang terdapat kekerasan di dalam pengkaderan?
kekerasan itu sendiri ada karena berbagai macam alasan.



jika dalam mahasiswa, dalam pengertian misal antara mahasiswa baru dengan senior, kekerasan itu ada dari sudut pandang yang berbeda atau adanya suatu kebiasaan dari tahun ke tahun yang menganut cara pandang seperti itu. pengkaderan disini telah terkonsep.
saya kurang sependapat jika seseorang yang dikader, dapat dengan mudah disuruh-suruh oleh orang yang mengkader. ingat konsep utama kita (pengkaderan ada untuk membentuk pola pikir yang lebih baik). apa iya dengan disuruh seperti itu pola pikir yg lebih baik akan terbentuk?
jika iya, tidak masalah. tapi jika tidak?

well, dalam perkuliahan, dosen saya pernah menyindir kami-secara tidak langsung-mengenai pengkaderan. "Kalian dihadapan mahasiswa baru berani dalam berbicara, membentak2, menyuruh-nyuruh, dan memberikan contoh tentang kejujuran, ketegasan dalam bersikap. lalu mengapa sampai saat ini pun kalian tidak aktif didalam kelas? masih membudayakan mencontek tugas bahkan ujian". Saat itu saya berpikir, apa iya pengkaderan kita yang salah? atau memang kami yang salah karena   kami nyatanya tidak memberikan contoh yang benar. secara kasar dapat dibilang mungkin kami seorang pembual?
di negara lain, pengkaderan yang ada bukan melalui kekerasan, bukan mengenai bentakan atau pun suruhan. tapi lebih kepada bagaimana cara belajar yang aman dan bagaimana kita dapat memaksimalkan ilmu yang kita dapat.

Dari pengetahuan saya diatas, tentu dapat diambil kesimpulan. orang hebat muncul dari "kerasnya" pengkaderan. bukan keras fisik tentunya..
but, as we know datang karena banyaknya pengalaman & permasalahan yang ia hadapi
keep spirit ^^

1 comment: